Tuesday, March 18, 2014

Kapitalisme Terhadap Ekonomi Dunia


Kapitalisme merupakan suatu sistem ekonomi dimana perdagangan, industri, dan alat-alat produksi dikendalikan oleh para pemilik modal dengan tujuan untuk bersaing bebas guna mendapatkan keuntungan besar dalam perekonomian pasar. Setiap pemilik modal tersebut juga berhak mengembangkan usahanya masing-masing. Kapitalisme menempatkan individu sebagai pemilik modal yang menguasai kekayaan alam.    Sumber daya alam yang ada di dunia ini sangat tidak terbatas, itu menyebabkan manusia terus menggunakan sumber daya alam tersebut untuk meningkatkan kekayaan mereka.  

Munculnya kapitalisme disebabkan oleh semakin berkembangnya teknik industri dalam pemenuhan kebutuhan pasar. Seorang kapitalis memiliki modal yang biasanya berbentuk uang untuk mengembangkan usahanya. Mereka memiliki alat-alat industri ataupun mesin dalam tataran infrastruktur. Seorang buruh yang bekerja dalam perusahaan kapitalis memiliki hak atas alat-alat dan mesin tersebut. Mereka diharuskan untuk bekerja dan menerima upah dari hasil pekerjaannya sebagai konsekuensi.

Sistem perekonomian kapitalis memunculkan beberapa dampak positif seperti mendorong aktifitas ekonomi secara signifikan, dengan persaingan bebas maka akan terwujudnya  produksi ke tingkat wajar, serta dengan mekanisme pasar yang bebas maka dapat meningkatnya motivasi kerja, inovasi, dan produktifitas guna memenangkan persaingan dalam perekonomian dunia.

Sistem perekonomian ini juga memunculkan dampak yang buruk bagi perkembangan perekonomian dunia seperti terjadinya penumpukan harta, kekayaan tidak merata karena persaingan bebas menyebabkan para pengusaha yang dapat mengembangkan usahanya sendiri akan terus menjadikan dirinya menjadi lebih dari pada siapapun, sedangkan pengusaha yang masih belum bisa mengembangkan usahanya akan merasa terpuruk, selain itu juga terjadi individualisme, dan yang paling mengancam yaitu pengangguran dan kemiskinan. 

Banyaknya pengagguran disebabkan oleh para kapitalis yang lebih memilih menggunakan mesin-mesin daripada tenaga manusia. Mereka lebih meningkatkan jumlah mesin atau teknologi. Kenapa? karena dengan banyaknya mesin yang dimiliki maka akan berkurangnya jumlah tenaga kerja yang dipakai. Mesin-mesin tersebut digunakan bukan untuk meringankan beban orang yang bekerja dan mengurangi jam kerja dengan bayaraan yang sama, melainkan untuk menurunkan beban upah yang akan dibayarkan kepada para buruh. Hal itu menyebabkan semakin sedikitnya para perkerja dan semakin banyaknya para pengangguran, karena banyaknya pengangguran maka semakin banyak pula orang yang menjadi miskin. Empat-perlima penduduk dunia secara resmi hidup dalam kemiskinan, dan sistem ini tetap mempertahankan mereka pasa posisi kemiskinan itu. 


Fitri Rosvianti
1701361636


Sumber:
http://www.berdikarionline.com/dunia-bergerak/20120803/sejauh-mana-krisis-berlangsung.html
http://anarkis.org/kapitalisme-penyebab-kemiskinan-dan-pengangguran/

No comments:

Post a Comment