Saturday, March 22, 2014

Kapitalisme Dan Dampaknya Kepada Dunia Perekonomian

Apakah yang disebut dengan Kapitalisme? Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi dimana modal dan kegiatan produksinya dimiliki oleh seorang individu ataupun perusahaan milik swasta untuk melakukan persaingan pasar besar besaran secara bebas untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya untuk kepentingan pribadi. Para pemilik modal dan perusahaan swasta sangat yakin sistem kapitalisme ini sangat menguntungkan buat mereka karena sistem kapitalisme ini karena pemerintah tidak dapat ikut campur dalam kegiatan ekonomi mereka. Dan sistem Kapitalisme menyatakan pemilik modal adalah sebagai pemilik modal yang mengontrol sumber daya alam yang membuat para pemilik modal ini terus menerus mengeksploitasi sumber daya alam.

Pada perusahaan yang memegang sistem kapitalis ini, perusahaan mereka lebih banyak memakai alat alat dan mesin sebagai sumber utama industri dan produksi mereka karena teknologi peralatan sendiri sudah lebih canggih daripada tenaga manusia itu sendiri dan perusahaan ini cenderung hanya merekrut buruh. Buruh itu sendiri sebagian besar hanya bekerja mengatur jadwal mematikan dan menyalakan mesin dan mengawasi jalannya produksi, selebihnya yang bekerja hanyalah mesin mesin itu sendiri.

Jadi, dampak ekonomi dari adanya Kapitalisme ini adalah adanya persaingan yang tidak seimbang antara perusahaan besar dan perusahaan kecil. Perusahaan kecil atau menengah masih menggunakan tenaga manusia untuk kegiatan produksi mereka yang kalau di bandingkan jumlahnya dengan perusahaan besar yang sudah memakai tenaga mesin jauh lebih banyak hasil produksinya dan mengakibatkan perusahaan menengah itu menjadi bangkrut akibat kalah bersaing dengan perusahaan besar. Sementara perusahaan yang besar ini berhasil menggeser saingan nya satu per satu, mereka menjadi lebih makmur. Dan akhirnya menambah jumlah banyaknya pengangguran akibat banyaknya perusahaan menengah dan kecil yang bangkrut. Dan perusahaan besar tidak mau merekrut banyak pekerja karena mereka memegang prinsip ekonomi yaitu mengeluarkan seminimal mungkin jumlah pengeluaran untuk upah pekerja dan mereka lebih memilih menggunakan mesin karena lebih menguntungkan dan efisien.

Vandra Pradipta
1701360495

Sumber

http://id.wikipedia.org/wiki/Kapitalisme

http://smakita.net/pengertian-paham-kapitalisme/

http://seishiya.wordpress.com/politic-like-crazy/11-2/

No comments:

Post a Comment