Wednesday, May 14, 2014

Jika saya menjadi Menteri perdagangan Indonesia .......

Pertama-tama : Teori Hecksher-Ohlin (H-0) adalah salah satu landasan teori yang paling berpengaruh dalam ilmu ekonomi internasional adalah gagasan yang menyatakan bahwa sumber utama perdagangan unternasional adalah adanya perdagangan antara dua negara. Teori ini dikembangkan oleh Eli Heckscker dan Bertil Ohlin , teori ini mengemukakan bahwa suatu negara akan mengekspor komoditi yang didalam proses produksinya memerlukan lebih banyak faktor produksi yang relatif melimpah dan murah, dan dalam waktu bersamaan akan mengimpor komoditi yang produksinya memerlukan lebih banyak faktor produksi yang relatif langka dan mahal di negara tersebut.

Dalam teori H-0 ditelaah sebab-sebab munculnya keunggulan komparatif bagi setiap negara dan dampak-dampak yang ditimbulkan oleh adanya hubungan dagang terhadap pendapatan faktor produksi di kedua negara yang bersangkutan. Menurut H-0, perbedaan kelimpahan faktor produksi menjadi penentu keunggulan komparatif bagi masing-masing negara yang selanjutnya akan menjadi landasan berlangsungnya perdagangan.

Barang yang akan menjadi sumber "makan" bagi negara saya tercinta adalah BATIK , kenapa ? karna batik adalah warisan budaya yang sangat tiddak patut untuk di lupakan apalagi sampai jatuh dan di jadikan "hak milik" oleh negara lain , disampin itu batik sangat lah membutuhkan tenaga kerja yang banyak dan tidak bisa sembarangan orang "melahirkan" batik (sesuai dengan labour-intensive) .

Kedua:
saya akan memiliih sepeda fixie (fixed gear)
1.mengenalkan kepada masyarakat luas apa itu sepeda fixie , kegunaan , keuntungan memiliki DLL. 

2. konsumen (anak muda) mulai mengenal produk yang perusahaan buat dengan jumlah penjualan dan laba yang meningkat pesat dibarengi dengan promosi yang kuat. Akan semakin banyak penjual dan distributor yang turut terlibat untuk ikut mengambil keuntungan dari besarnya animo permintaan pasar . selain itu juga peningkatan barang yang ada di pasar di barengi dengan menjadi trend di kalangan anak muda.

3.titik jenuh sudah dirasakan konnsumen sehingga minat pada konsumen baik yang belum memiliki sepeda fixie maupun yang sudah memiliki menjadi berkurang perlahan .

4.produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain sehingga jumlah penjualan dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan menurun drastis atau perlahan tapi pasti dan akhirnya mati.


Andrew
1701361756


sumber referensi :
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/18240
http://desrylou.blogspot.com/2010/12/teori-heckscher-ohlin.html
http://erna-maryani.blogspot.com/2012/12/about-teori-product-life-cycle_17.html

No comments:

Post a Comment