Sunday, April 20, 2014

Merkantilisme, Strukturalisme dan Liberalisme

Di dalam perspektif HI ada 3 struktur dalam perdagangan internasional, yaitu: Strukturalisme, Merkantilisme, dan Liberalisme. Sekarang saya akan menjelaskan ketiga perspektif itu dan nanti akan menentukan manalah perspektif yang paling bagus.

Strukturalisme adalah paham ekonomi yang menolak ketidakseimbangan struktural sebagai sumber ketidakadilan sosial ekonomi. Paham ini mengungkapkan dan mengusut ketidakseimbangan struktural yang berkaitan dengan pemusatan penguasaan dan kepemilikan aset ekonomi, ketidakseimbangan distribusi pendapatan, produktivitas dan kesempatan ekonomi. Dan kaum strukturalis, juga mengoreksi kelemahan dari mekanisme pasar dan persaingan bebas.

Merkantilisme adalah paham ekonomi dimana negara memegang kekuasaan tertinggi. Tujuan merkantilisme adalah melindungi perkembangan industri perdagangan dan melindungi kekayaan negara, dan negara yang kaya akan menjadi terus maju karena mereka terus memaksimalkan jumlah ekspor dan membatasi jumlah impor agar neraca perdagangan akan selalu menjadi positif. Setelah mendapat neraca perdagangan yang selalu positif dan mendapat keuntungan dari perdagangan ke luar negri, memicu pemerintah untuk terus menguasai daerah daerah selanjutnya untuk di monopoli.

Liberalisme adalah sistem ekonomi bebas dimana semua kegiatan ekonomi sepenuhnya diserahkan ke individu atau perusahaan swasta. Setiap individu bebas memiliki dan menggunakan modal, barang, dan jasanya dan pemerintah tidak dapat melakukan intervensi karena itu adalah urusan pribadi. Sistem ini di ajari oleh Adam Smith di dalam bukunya “An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations.”

Pendapat saya, saya setuju dengan perspektif Liberalisme, karena menurut saya sistem atau paham ini sangat efektif karena telah memberikan setiap individu kebebasan untuk melakukan ekonominya, hal ini dapat memacu kreatifitas masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi dan naiknya kualitas produk karena adanya persaingan yang kuat antar perusahaan dalam mencari keuntungan yang dapat memotivasi perusahaan perusahaan dan individu lain juga untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Vandra Pradipta
1701360495

Sumber: 
http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_liberal
http://smakita.net/pengertian-paham-rasionalisme-dan-merkantilisme/
http://id.wikipedia.org/wiki/Merkantilisme
http://mahasiswa-adm.blogspot.com/2012/11/sistem-ekonomi-kapitalismeliberalisme.html


No comments:

Post a Comment