Monday, April 28, 2014

Keuntungan Komperatif > keuntungan Absolut

Mengapa begitu superior ? dikarenakan :

karena adanya persaingan bebas dan kebebasan bergerak dari faktor-faktor produksi tenaga kerja dan modal. Karena itu masing-masing tempat akan melakukan revitalisasi dalam memproduksi barang-barang tertentu apabila memiliki cost upah tenaga kerja yang paling kecil. Sedangkan untuk perdagangan luar negeri tidak dapat didasarkan pada keuntungan atau cost upah. Karena adanya pembatsan faktor-faktor produksi di dalam perdagangan luar negeri tidak dapat bergerak dengan bebas sehingga barang-barang yang dihasilkan oleh suatu negara mungkin akan di barter dengan barang dari negara lain. pada intinya keuntungan komparatif dapat di definisikan bahwa suatu negara akan memilih dalam memproduksi barang yang lebih efisien di mananegara tersebut memiliki keunggulan komparatif di banding yang tidak.

Oleh Karena itu masing-masing tempat akan melakukan spesialisasi dalam memproduksi barang-barang tertentu apabila memiliki ongkos tenaga kerja yang paling kecil. Sedangkan untuk perdagangan luar negeri tidak dapat didasarkan pada keuntungan atau ongkos mutlak. Karena faktor-faktor produksi di dalam perdagangan luar negeri tidak dapat bergerak bebas sehingga barang-barang yang dihasilkan oleh suatu negara mungkin akan ditukarkan dengan barang-barang dari negara lain meskipun ongkos tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membuat barang tersebut berlainan.
Dengan demikian inti Keuntungan komparatif dapat dikemukakan sebagai berikut:
Bahwa suatu negara akan menspesialisasi dalam memproduksi barang yang lebih efisien di mananegara tersebut memiliki keunggulan komparatif.( Budiono, 1990:35)

Atau dengan kata lain dapat dikemukakan sebagai berikut:
Kemampuan untuk menemukan barang-barang yang dapat di produksi pada tingkat biaya relatif yang lebih rendah daripada barang lainnya. ( Charles P.Kidlleberger dan Peter H. Lindert, Ekonomi Internasional (terjemahan Burhanuddin Abdullah,1991:30)

Untuk itu bagi negara yang tidak memiliki faktor-faktor produksi yang menguntungkan, dapat melakukan perdagangan internasional, asalkan negara tersebut mampu menghasilkan satu atau beberapa jenis barang yang paling produktif dibandingkan negara lainnya.


Andrew
1701361756

sumber :
http://endyndyindy.blogspot.com/2012/12/hakekat-bisnis-teori-keunggulan.html
wikipedia




No comments:

Post a Comment